Pendataan dan Verifikasi Realisasi 8355 di SMPN 100 dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia



Kelas: LC51
Dosen: Tasman, S.Ag., M.Si - D5687
Waktu: Rabu, 21 Oktober 2015 (1 hari)
Pukul: 12.30 - 13.30
LokasiSMPN 100, Jl. Obsidian no 1, Cengkareng, Jakarta Barat
PIC: Kezia Danielsa, Zainul Irfan

Tim yang hadir
Ketua: Kezia Danielsa - 1701360620
Anggota:
1. Aghel Prabandono – 1701362020
2. Apdimas Akbar Ferima – 1701351950
3. Dimas Andrian – 1701349561
4. Dwioka Sontana – 1701371302
5. Maria Chatarine Amanda – 1701362960
6. Muhammad Ali Raza – 1701356075
7. Zainul Irfan – 1701348086

Tim yang tidak hadir: -


Foto: SDN Duri Kosambi 01 PG / 03 PT

Nama anggota dari kiri ke kanan:
Baris depan: Maria Chatarine, Ibu Rahmawati, Kezia Danielsa, Zainul Irfan
Baris belakang: Apdimas Ferima, Muhammad Ali Raza, Aghel Prabandono, Dimas Andrian, Dwioka Sontana

 Foto: SMPN 100

Nama anggota dari kiri ke kanan:
Baris depan: Dwioka Sontana, Zainul Irfan, Maria Chatarine, Kezia Danielsa
Baris belakang: Dimas Andrian, Muhammad Ali Raza, Bapak Ericson, Aghel Prabandono, Apdimas Ferima

 ISI

Teori Professional Development

Prinsip-Prinsip Etika:

A.  Prinsip Tanggung Jawab 
Makna tanggung jawab:
1.    Dapat membedakan yang baik dan buruk
2.    Memilih yang baik dan menolak yang buruk
3.    Bersedia menanggung risiko atas pilihannya

Tanggung jawab meliputi dua arah:
1.    Bertanggung jawab atas pekerjaan yang dilakukan
2.    Bertanggung jawab atas dampak pekerjaan terhadap kehidupan orang lain

Ciri profesi yang membutuhkan tanggung jawab:
1. Tanggung jawab yang paling sederhana, contohnya penjaga pintu kereta api. Tanggung jawabnya sebatas pekerjaan yaitu menutup pintu apabila kereta lewat, tetapi akan berakibat fatal jika ia lalai.
2.  Pekerjaan yang menuntut hasil gemilang, contohnya insinyur yang dituntut harus mengetahui cara mendirikan sebuah bangunan dengan memperhatikan faktor geografis. Atau dokter yang dituntut untuk mengetahui gejala penyakit pada pasien.
3.  Pekerjaan yang bertanggung jawab terhadap cinta kasih manusia, contohnya dosen yang harus mampu mengajar, memahami, dan menyayangi mahasiswanya.
4.  Pekerjaan yang bertanggung jawab terhadap panggilan hidup dan kasih akan Tuhan, contohnya rohaniawan.

B.  Hormat Terhadap Orang Lain
Profesi kita tidak dapat melanggar hak orang lain, lembaga atau negara.

C.  Prinsip Otonomi
Menegaskan prinsip independensi seorang profesional, artinya ketika profesional mengambil keputusan, tidak boleh dipengaruhi oleh pihak eksternal. 

D.  Prinsip Integritas
Saat menjalankan profesinya, seorang profesional harus berpegang pada komitmen pribadi yang kuat untuk menjaga keluhuran profesi, nama baik, dan kepentingan masyarakat. Ia tidak mudah lari atau terbujuk oleh godaan untuk melanggar nilai-nilai yang dijunjung tinggi profesinya.

Persiapan
Kami mengikuti briefing dari TFI terkait pelaksanaan interview KJP dan 8355. Kami memilih SMPN 100 di Cengkareng yang kemudian diverifikasi oleh TFI. Kami mendapatkan surat jalan dan izin dari TFI untuk mulai melaksanakan tugas. Kami membawa dokumen yang dibutuhkan yaitu Validasi Pendidikan, form 8355, dan form evaluasi. Kami berkumpul di Binus pada pukul 08.30, berangkat dan tiba di SDN Duri Kosambi 01 pada pukul 10.00 (untuk melaksanakan pendataan KJP). Kemudian, pada pukul 12.30 kami tiba di SMPN 100 untuk melaksanakan kegiatan pendataan KJP dan 8355.

Metode Pelaksanaan
Dalam pelaksanaannya, kami menggunakan metode kualitatif yaitu wawancara dengan pihak sekolah dan siswa (disertai dengan data 8355 yang kami bawa dari Dinas Pendidikan dan data 8355 milik sekolah).

Pengukuran Kinerja
Pada kegiatan pendataan dan verifikasi realisasi 8355, kami menerima masukan dari Bapak Ericson selaku Tata Usaha SMPN 100, bahwa data 8355 yang dimiliki pihak sekolah belum update karena data tersebut adalah data lama. Ketua tim kemudian meminta data 8355 tersebut untuk dilakukan perbandingan dengan data dari Dinas Pendidikan. Secara keseluruhan, Bapak Ericson menilai usaha kami baik selama pendataan siswa dan wawancara dengan beliau. Berikut form evaluasi sebagai bukti penilaian sekolah terhadap kami. (Mohon maaf bila gambar kurang jelas dilihat)


Berdasarkan survey internal tim kami, masing-masing anggota memiliki kelebihannya tersendiri. Secara umum, kami telah berusaha mengerjakan tugas kami semaksimal mungkin dengan sikap yang baik saat di lapangan. Berdasarkan penilaian kami, sikap inisiatif ditunjukkan oleh ketua tim yang telah melakukan persiapan mulai dari pencarian informasi project ini, pengumpulan data, sampai dengan koordinasi dengan tim. Selanjutnya, aspek ide dan kecakapan pelaksanaan dapat dikerjakan dengan baik oleh semua anggota. Bagi kami, kedisiplinan waktu perlu ditingkatkan lagi di kemudian hari.


PENUTUP

Hasil Kegiatan
Setelah memperoleh data 8355 dari sekolah, ketua tim meng-input hasil data tersebut ke google docs. Berikut Validasi Pendidikan oleh SMPN 100.


Kesimpulan Pelaksanaan
Berdasarkan pemeriksaan, dapat disimpulkan bahwa data 8355 belum sesuai antara data yang dimiliki sekolah dengan data Dinas Pendidikan sehingga diperlukan update laporannya dari pihak sekolah.

Kesimpulan dari pelaksanaan setiap kegiatan (mengacu kepada tujuan CB) yaitu kami dapat mempraktikkan teori yang didapat dari mata kuliah Character Building Professional Development, dapat melaksanakan kegiatan dengan etika profesi yang tepat, membangun kerjasama antara anggota kelompok dengan pihak sekolah untuk mendata data KJP dan 8355 dengan baik, serta membantu menyampaikan kondisi sekolah ke Dinas Pendidikan.

Next to Do
Untuk kedepannya, kami akan meningkatkan kedisiplinan diri terhadap waktu dan kinerja yang lebih giat lagi.

Informasi Jumlah Peserta
- Operator sekolah: masing-masing sekolah adalah 1 orang
- Siswa SDN Duri Kosambi 01 yaitu 30 siswa; SMPN 100 sebanyak 50 siswa
- Ketua dan anggota tim hadir semua yaitu sebanyak 8 orang:
1. Aghel Prabandono – 1701362020
2. Apdimas Akbar Ferima – 1701351950
3. Dimas Andrian – 1701349561
4. Dwioka Sontana – 1701371302
5. Kezia Danielsa – 1701360620
6. Maria Chatarine Amanda – 1701362960
7. Muhammad Ali Raza – 1701356075
8. Zainul Irfan – 1701348086

Sekian laporan kami mengenai pendataan dan verifikasi 8355 di SMPN 100. Mohon maaf bila ada kekurangan dalam penulisan laporan ini. Terima kasih.


NB.: Khusus pendataan dan verifikasi 8355 dilakukan oleh ketua tim.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendataan dan Validasi Realisasi Kartu Jakarta Pintar di SDN Duri Kosambi 03 PT dan SMPN 100 dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia

BINUS FESTIVAL 2016 "Greater Nusantara"